-->

Penjelasan dan Mitos soal Kata Pamali

Sering kita mendengar kata istilah 'Pamali' (dalam sunda), atau Pemali dalam sebutan lainnya. Kata ini sering disebutkan terutama biasanya orang tua kita dengan maksud melarang agar tidak dilakukan suatu tindakan tertentu.

Pamali sendiri sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Menurut KBBI Pamali atau Pemali memiliki artian larangan, pantangan (berdasarkan adat dan kebiasaan).

Selain itu Pamali juga memiliki arti yang unik. Jika kita menarik arti setiap hurufnya dalam bahasa Arab, Pa memiliki arti maka, Ma memiliki arti sesuatu, Li yang berarti untuk diriku. Dari ketika makna huruf tersebut kita bisa mengambil pengertian Pamali menurut bahasa arab artinya 'Sesuatu itu untuk diriku'.

Hal ini sedikit unik, karena ternyata kata Pamali memiliki makna yang ditujukkan kepada si pengucapnya. Jadi jika ada seseorang melarang kita menggunakan kata Pamali mungkin saja dirinyalah yang sebenarnya akan melakukan hal tersebut.

Selain mengenai pengertiannya, Pamali juga sering dikaitkan dengan hal-hal mitos yang ada di lingkungan sekitar. Contohnya ketika seorang anak kecil bermain hingga menjelang waktu sore orang tua biasanya akan menggunakan kata Pamali agar anaknya pulang ke rumah dan sering dikaitkan dengan mitos hantu pemangsa anak kecil.

Hingga saat ini masih banyak orang yang menggunakan kata Pamali sebagai awalan untuk melarang orang lain agar tidak melakukan apa yang dilarang.

Beberapa larangan yang menggunakan kata Pamali di Indonesia di antaranya, Pamali jika keluar malam, Pamali jika duduk di pintu, Pamali jika makan tidak dihabiskan, Pamali jika seorang anak memakan pant*t ayam dan masih banyak lagi mitos tentang Pamali.

Demikian sedikit penjelasan arti Pamali dan tentang mitos yang berkembang di Indonesia.



Sumber : https://kumparan.com/dukun-millennial/penjelasan-dan-mitos-soal-kata-pamali-1tEbxNWKDNj/full

Terima kasih atas kunjungannya
Kunjungi Toko BALINGGA SHOP Untuk Order Produk UKM dan UMKM Jateng.