Mengenal LAMPOR / HANTU KERANDA pada Waktu Sandekala / Maghrib

Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan isu adanya keranda terbang di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

LAMPOR / HANTU KERANDA

Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan isu adanya keranda terbang di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Keranda Terbang yang disebut Lampor membuat warga takut. Pasalnya, Lampor disebut sebagai kendaraan setan yang bisa membawa manusia pergi ke alamnya.

Jika ada manusia dibawa Lampor, niscaya tidak akan bisa kembali lagi. Adapun jika ada yang kembali, maka akan hilang ingatan dan linglung.

Mengutip berbagai sumber, dalam mitos Jawa, Lampor adalah iblis dengan keranda terbang yang datang pada malam hari. Itu sebabnya, di Jawa Tengah ada larangan keras untuk keluar rumah menjelang Maghrib karena adanya lampor.

Menurut mitos yang beredar, apabila ada warga yang keluar pada malam hari, ia bisa hilang dibawa lampor dan tidak bisa kembali. Sekalipun ada yang kembali, mereka akan kembali dalam keadaan linglung dan gila.

Ada juga masyarakat Jawa yang percaya bahwa lampor merupakan anggota pasukan gaib Nyi Blorong. Kehadiran lampor ditandai dengan angin kencang dari Laut Selatan yang melewati sejumlah daerah.

Ketika angin datang, masyarakat akan membuat suara gaduh dengan memukul kentongan agar lampor tidak hadir ke kawasan itu dan menyebabkan pagebluk hingga kematian. Karena itu, lampor dipercaya menjadi salah satu makhluk gaib yang konon bisa mengambil nyawa manusia.

Lampor konon akan datang dengan suara yang sangat nyaring dan berisik, beberapa menyebutkan suara tersebut berbunyi ‘Welwo, welwo, welwo’.

Welwo merupakan Bahasa Jawa yang berarti dijawil lan digawa, atau jika dalam Bahasa Indonesia berarti ‘diculik dan dibawa’.

Namun kini, legenda urban itu sudah tak lagi banyak didengar. Para orang tua kini tak lagi menggunakan taktik menakut-nakuti anak-anak mereka agar pulang ke rumah menjelang Maghrib.

Hanya Manusia Biasa yang ingin berbagi ilmu. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

Post a Comment