[LENGKAP] ASAL USUL NAMA DESA TUNJUNGMULI

Dahulu ada sebuah keluarga yang hidup dengan keadaan yang kekurangan, dalam memenuhi kebutuhan sehari hari keluarga ini mencarinya dihutan . keluarga

ASAL USUL NAMA DESA TUNJUNGMULI

Dahulu ada sebuah keluarga yang hidup dengan keadaan yang kekurangan, dalam memenuhi kebutuhan sehari hari keluarga ini mencarinya dihutan . keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan satu orang anak laki laki yang bernama tunjung ini hidup dengan bahagia di desa kecil. Hingga suatu saat. Ketika keluarga ini mencari makanan di hutan sebuah tragedi terjadi.

Ketika keluarga ini sampai di hutan sang ayah membagi tugas untuk istri dan anaknya. Ayah memerintahkan sang istri untuk mencari sayuran dan buah dihutan, sedangkan si tunjung mencari kayu bakar, dan sang ayah akan berburu hewan untuk dijual. Kemudian sang ayah meminta kepada seluruh anggota keluarganya  untuk segera kembali pulang ketika hari sudah mulai sore.

Dan ketika hari sudah sore sang ayah  pulang dan menemui keluarganya yang dia kira telah pulang, tetapi ketika sudah dirumah sang ayah terkejut karena dia hanya menemukan sang ibu saja yang dirumah. ketika ditanya apakah si tunjung sudah pulang atau belum sang ibu menjawab bahwa dia kira si tunjung sedang bersama ayahnya, sehingga sang ibu tidak mencarinya, dan setelah sang ayah menjelaskan yang terajadi , kedua orang tua ini menjadi panik mengingat hari sudah gelap maka ayah dan ibunya tunjung pun kembali ke hutan untuk mencari si tunjung sambil berteriak “ tunjung mulih “ dalam bahasa banyumasan berarti "tanjung pulang / tanjung kembali". tetapi hasilnya nihil akhirnya kedua orang tua tunjung pulang dengan tetap berterik “tunjung mulih” . keesokan harinya tujung ditemukan telah meninggal di hutana akibat serangan hewan buas.

Dan karena teriakan “tunjung mulih” dari kedua orang tua tunjung sehingga orang orang kemudian memanggil desa tempat tinggal keluarga tanjung sebagai tunjungmuli.

Hanya Manusia Biasa yang ingin berbagi ilmu. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

Post a Comment