[LENGKAP] Terbentuknya Jaringan Nusantara Melalui Perdagangan

Nusantara merupakan salah satu pusat dan jalur perdagangan yang memiliki peran penting, terutama Selat Malaka yang merupakan jalur penting dalam pelay
Nusantara merupakan salah satu pusat dan jalur perdagangan yang memiliki peran penting, terutama Selat Malaka yang merupakan jalur penting dalam pelayaran dan perdagangan.

Jalur ini merupakan pintu gerbang pelayaran yang dikenal dengan nama Jalur Sutra. Dinamakan Jalur Sutra karena komoditas kain sutra yang dibawa dari Cina untuk diperdagangkan ke berbagai wilayah lain.

Terbentuknya Jaringan Nusantara Melalui Perdagangan

Dengan adanya jalur perdagangan yang melintasi sepanjang Selat Malaka, kehidupan penduduk menjadi lebih sejahtera yang disebabkan oleh Proses Integrasi perdagangan dunia melewati jalur laut tersebut. Masyarakat di sana juga semakin terbuka dengan pengaruh budaya luar.

Perdagangan dunia internasional yang melewati Selat Malaka menjadikan penduduk di Kepulauan Indonesia berkembang dengan pesat terutama karena terhubung dengan jaringan Laut Jawa hingga Kepulauan Maluku.

Secara tidak langsung, terintegrasi dengan perekonomian dunia yang berpusat di sekitar Selat Malaka. Dan komoditas yang penting pada masa itu adalah rempah-rempah. Dengan adanya perdagangan internasional dan setiap pulau dapat melahirkan kekuatan politik Nusantara.

Kekuatan intergrasi ini dihubungkan kerajaan Sriwijaya, Singasari dan Majapahit. Sementara itu, kerajaan kecil akan mendapat perlindungan atas hubungan ini.

Namun, jika pusat kekuasaan sudah tidak bisa mengontrol daerah bawahannya maka dapat terancam terjadinya disintegrasi. Kerajaan kecil akan melepaskan diri dan akan bergabung dengan kerajaan lain yang mampu mengontrol dan melindungi kerajaan kecil itu.
Hanya Manusia Biasa yang ingin berbagi ilmu. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

Post a Comment