[LENGKAP] Pembabakan Zaman Praaksara Berdasarkan Geologi

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, berdasarkan komposisinya, struktur, sejarah, sifat-sifatnya, dan juga proses pembentukan
Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, berdasarkan komposisinya, struktur, sejarah, sifat-sifatnya, dan juga proses pembentukannya, dan orang yang memelajari dan mendalami ilmu geologi disebut geolog. 

Pembabakan Zaman Praaksara Berdasarkan Geologi

Berdasarkan geologi, zaman praaksara dibagi menjadi 4, ada zaman tertua (Arkaekum), zaman primer atau zaman hidup tua (Paleozoikum), zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan (Mesozoikum), serta zaman hidup baru (Neozoikum).

1. Zaman Arkaekum

Zaman Arkaekum

Masa-masa awal dalam pembentukan bumi, yakni adanya sebuah keadaan bumi dalam masa Archaeozoic pada waktu itu sangat mengerikan karena adanya kekurangan oksigen dan cuaca panas, sehingga dalam kehidupan manusia, tumbuhan atau hewan tidak dapat untuk bertahan hidup.

Gas metana yang telah dominan akan menyebabkan atmosfer langit menjadi warna kemerahan dan bumi menjadi sangat geoaktif selama era archaeozoikum. Manusia tidak bisa hidup. Perbedaan waktu dengan antara zaman archaeozoic adalah sekitar 1,3 miliar tahun (3,8 hingga 2,5 miliar tahun yang lalu).

2. Zaman Paleozoikum

Zaman Paleozoikum

Di era Paleozoikum ini dimulai sekitar 541 juta tahun yang lalu dan berakhir dengan 252,17 juta tahun yang lalu dan perubahan besar wilayah Bumi yang udah dimulai dalam meletusnya benua super.

Pada zaman Paleozoikum ini merupakan dimana saat sedang geologi, iklim, dan dalam pembangunan akan berubah secara dramatis.

Periode Cambrian yaitu masa diversifikasi dalam sebuah kehidupan tercepat dan paling komprehensif terhadap sejarah bumi, yang dikenal dalam sebuah ledakan Kambrium, di mana dalam filum modern yang pertama kali akan muncul.

Ikan, amfibi, artropoda, reptil, dan sinapsis yang udah berkembang di zaman Paleozoikum ini.

3. Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum

Sebelum manusia mengalami zaman modern seperti saat ini, dulunya pernah mengalami atau merasakan zaman yang jauh dari kata modern.

Mesozoikum berasal dari Bahasa Yunani, yaitu “Meso” artinya antara dan “Zoon” artinya binatang atau makhluk hidup. 

Zaman dimana makhluk hidup atau binatang yang hidup di masa atau zaman pertengahan.

Seorang ahli geologi bernama John Phillips yang pertama kali memperkenalkan nama Mesozoikum tersebut.

Zaman mesozoikum sendiri berlangsung sekitar 252 juta sampai dengan 66 juta tahun yang lalu.

Pada zaman mesozoikum ini, orang – orang juga sering menyebutnya dengan sebutan zaman reptil serta zaman konifer. Karena, waktu itu kondisi bumi sendiri didominasi oleh hewan reptil.

4. Zaman Neozoikum

Zaman Neozoikum

Era neo-zoic atau kenozoic ini dengan demikian dapat diartikan sebagai sebuah kehidupan baru. Dalam arti yang lebih luas, era Neozoikum merupakan sebuah era geologis baru di mana keadaan bumi telah membaik karena bumi dengan cara keseluruhan telah terbentuk.

Selama masa ini, embrio manusia berkembang pesat. Itulah sebabnya Zaman Neozoikum disebut Zaman Kehidupan Baru. Dalam geologi, Neozoikum adalah yang terakhir dari tiga periode geologis klasik.

Era ini telah berlangsung sejak akhir Mesozoikum, yang ditandai adanya sebuah kepunahan massal dinosaurus dalam akhir periode batu kapur atau sekitar dalam 65,5 juta tahun yang lalu.




Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua. Terimakasih sudah mampir, jika ingin bertanya silahkan komentar dibawah ya....
Hanya Manusia Biasa yang ingin berbagi ilmu. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

Post a Comment