Kedatangan NICA di Indonesia

Dulu ketika Jepang datang dan mulai menguasai Indonesia, orang-orang Belanda lantas melarikan diri ke Australia. Ternyata di sana mereka membentuk kek
Dulu ketika Jepang datang dan mulai menguasai Indonesia, orang-orang Belanda lantas melarikan diri ke Australia. Ternyata di sana mereka membentuk kekuatan baru, untuk menguasai Hindia Belanda kembali. Nah, termasuk menguasai Indonesia kembali. Mereka ini disebut dengan NICA (Netherland Indies Civil Administration).

NICA dibentuk tanggal 3 April 1944 di Australia. Awalnya hanya bertugas sebagai penghubung antara Pemerintah Kolonial Belanda di pengasingan dengan Komando Tertinggi Sekutu di wilayah Pasifik Barat Daya (SWPA/South West Pacific Area). 

Kedatangan NICA di Indonesia

Kemudian, awal 1944, H.J. Van Mook (Gubernur Jenderal Hindia Belanda) serta Jenderal Douglas MacArthur dari AS (Panglima Tertinggi SWPA), menyepakati bahwa Hindia Belanda yang berhasil direbut oleh pasukan sekutu, akan diserahkan kepada pemerintahan sipil NICA.

Perlu kalian tahu, NICA dipimpin oleh Van der Plass dan Van Mook berusaha mempersenjatai kembali KNIL (Koninklijk Nerderlands Indisch Leger), yaitu Tentara Kerajaan Belanda yang ditempatkan di Indonesia. Orang-orang NICA dan KNIL di Jakarta, Surabaya dan Bandung mengadakan provokasi sehingga memancing kerusuhan. 

Selain itu, gerombolan NICA pun sering melakukan teror terhadap pemimpin-pemimpin Indonesia. Karena itu, bangsa Indonesia mengetahui kedatangan Belanda yang membonceng AFNEI adalah untuk menegakkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Bangsa kita pun berjuang dengan cara diplomasi serta kekuatan senjata untuk melawan Belanda yang akan menjajah kembali. Konflik antara Indonesia dengan Belanda ini akhirnya melibatkan peran dunia internasional untuk menyelesaikannya. Saat itu pemerintah kita bersikeras menentang kehadiran staff NICA dan juga penggunaan nama Hindia Belanda dalam lembaga tersebut. 

Akhirnya Januari 1946, namanya diubah menjadi AMACAB (Allied Military Administration-Civil Affairs Branch). Setelah Inggris meninggalkan Indonesia dan pembubaran SEAC pada Juni 1946, namanya kembali diganti menjadi Tijdelijke Bestuursdienst (Temporary Administrative Service).

Ternyata setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, tidak lantas membuat Indonesia terlepas dari upaya-upaya penjajahan ya! Masih banyak upaya yang dilakukan oleh Belanda untuk kembali mencuri kedaulatan Indonesia.

Referensi:

AM, Sardiman. (2017) Sejarah Indonesia Kelas XI Semester 2. Jakarta: Kemendikbud RI.

https://blog.ruangguru.com/kedatangan-nica-di-indonesia

Sumber foto:

Foto Pasukan NICA (Netherland Indies Civil Administration) [daring]. Tautan: https://tirto.id/nica-bx7S (Diakses: 26 Oktober 2020)

Hanya Manusia Biasa yang ingin berbagi ilmu. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

1 comment

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^