SEJARAH DANAU SITU WANAYASA, PURWAKARTA

Danau Wanayasa terletak di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, ±23 km sebelah Tenggara kota Purwakarta. Penduduk setempat menyebutnya Situ Wanayasa (Dalam bahasa Sunda, situ berarti danau). Danau Wanayasa atau Situ Wanayasa adalah danau alam seluas ±7 ha yang berada pada ketinggian 600 m DPL dengan udara yang sejuk berlatar belakang panorama Gunung Burangrang.
situ wanayasa

Danau Wanayasa terletak di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, ±23 km sebelah Tenggara kota Purwakarta. Penduduk setempat menyebutnya Situ Wanayasa (Dalam bahasa Sunda, situ berarti danau).

Danau Wanayasa atau Situ Wanayasa adalah danau alam seluas ±7 ha yang berada pada ketinggian 600 m DPL dengan udara yang sejuk berlatar belakang panorama Gunung Burangrang. 

Yang unik dari danau ini adalah adanya pulau di tengah danau. Di pulau tersebut terdapat makam RA. Suriawinata, salah seorang pendiri Purwakarta yang juga Bupati Karawang ke-9. Meninggal pada tahun 1827.

Beberapa objek wisata yang ada di sekitar Situ Wanayasa adalah sumber air panas Ciracas (±8 km dari Situ Wanayasa) dan air terjun Curug Cipurut (± 3 km arah Selatan kota Wanayasa).

Apabila anda menggunakan mobil pribadi atau rental mobil, dari arah Jakarta melalui tol Jakarta-Cikampek, kemudian dilanjutkan menuju arah Bandung melalui tol Purbaleunyi kemudian keluar di pintu tol Jatiluhur berbelok ke kiri kearah kota Purwakarta, kemudian ikuti arah jalan menuju Wanayasa atau pasar rebo letak situ menjelang terminal Wanayasa.

Dari arah Bandung dapat ditempuh melalui jalur Lembang dilanjutkan ke arah Subang, melewati gunung Tangkuban Parahu, Sari Ater, dan berbelok ke kiri di jalan Cagak menuju Wanayasa, letak situ setelah melewati terminal Wanayasa.

Sejarah Danau Wanayasa

Danau Situ Wanayasa

Situ Wanyasa merupakan salah satu danau yang terletak di derah wanayasa,Kabupaten Purwakarta. Situ Wanayasa memiliki luas 7 ha dan berada pada ketingggian 600 m DPL berlatar belakang panorama gunung burangrang dan memiliki pulau di tengah danau.

Konon katanya di pulau tersebut terdapat makam RA. Surawinata, beliau dikenal sebagai salah satu pendiri purwakarta dan pernah menjabat sebagai bupati karawang ke-9.

Situ Wanayasa dijadikan salah satu destinasi wisata, objek wisata yang ada di sekitar Situ Wanayasa adalah sumber air panas Ciracas dan Curug Cipurut.

Situ Wanayasa adalah warisan sejarah bangsa yang patut kita jaga dan kita lestarikan agar tak lekang di makan usia.

Situ Wanayasa membuktikan bahwa suatu negara tidak lekas tercipta tanpa adanya sejarah masa lalu yang bersembunyi di dalamnya. 

Dengan adanya Situ Wanayasa membuatku semakin cinta akan Kota Purwakarta, cinta budayanya, cinta sejarahnya, dan cinta akan keramah-tamahan masyarkat yang berada di dalamnya.

Purwakarta adalah kota berjuta cerita, berjuta sejarah yg terjadi di dalamnya, kota tumpuan harapan dan cita-cita sejumlah masyarakatnya.

Harapanku di masa yang akan datang, semoga Situ Wanayasa akan terus menjadi destinasi wisata yang mengharumkan kota purwakarta dan menjadi objek wisata yang terkenal di mata dunia akan keindahannya.
Hanya Manusia Biasa yang ingin berbagi ilmu. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

Post a Comment