ASAL - USUL DESA NANGKOD, Kejobong, Purbalingga

Desa Nangkod termasuk wilayah Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah, dengan kode Pos 53392, lebih tepatnya terletak pada posisi : 109.5307 BT / Bujur Timur, dan -7.375854 LS / Lintang Selatan. Secara administratif wilayah Desa Nangkod terbagi dalam 5 Dusun, Rukun Warga (RW) da Rukun Tetangga (RT)
SD Negeri 1 Nangkod
SD Negeri 1 Nangkod

Desa Nangkod termasuk wilayah Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah, dengan kode Pos 53392, lebih tepatnya terletak pada posisi : 109.5307 BT / Bujur Timur, dan -7.375854 LS / Lintang Selatan.  Secara administratif wilayah Desa Nangkod terbagi dalam 5 Dusun, Rukun Warga (RW) da Rukun Tetangga (RT)

PROFIL DESA NANGKOD

Tahun 2018
Kode Desa (PUM) 3303030011
Desa/Kelurahan NANGKOD
Kecamatan KEJOBONG
Kabupaten/Kota KABUPATEN PURBALINGGA
Provinsi                             JAWA TENGAH
Tahun Pembentukan            2017
Luas Desa/Kelurahan (Ha) 392,970000
Penetapan Batas                 Tidak Ada
Dasar Hukum Perdes No .  
Dasar Hukum Perda No.  
Peta Wilayah  
Koordinat                           109.5307 BT / -7.375854 LS
Tipologi PERLADANGAN
Klasifikasi SWADAYA
Kategori MADYA

Batas Wilayah Desa Nangkod:
a. Sebelah Utara PANUNGGALAN
b. Sebelah Selatan TIMBANG
c. Sebelah Timur SAMBONG
d. Sebelah Barat KEDARPAN

Asal - Usul Desa Nangkod

Jaman dahulu kala sebelum desa nangkod menjadi desa, sebuah grumbul bagian Desa Langgar. Yang dihuni oleh beberapa keluarga, kemudian datang seorang tokoh yang konon katanya seorang demang dari kerajaan demak bintoro yang bernama Ki Minangkoda.

Konon kiminang koda menetap dan tanpa berkeluarga, beliau di grumbul itu memberikan gambran-gmbaran tentang pemerintahan, arti hidup yang sebenernya, akhirnya beliau diangkat menjadi sesepuh di grombul itu sampai tutup usia.

Karna jasanya terhadap tempat itu maka namanya diabadikan untuk nama grumbul itu, menjadi nangkod. Semakin hari penduduk di grumbul itu semakin banyak. 

Dengan modal pengalaman yang di berikan oleh Ki Minangkoda, beberapa tokoh penerus Ki Minangkoda menghendaki  Dukuh Nangkod menjdi sebuah desa. 

Kemudian beberapa tokoh masyarakat menghadapi kades langgar serta sistsen/ camat untuk meminta izin untuk menghadap residen di banyumas.

Kemudian ratusan warga desa langgar, khususnya warga dukuh Nangkod berbondong bondong pergike banyumas menghadap residen untuk memohon diadakan pemekaran.

Dukuh nangkod menjadi Desa lepas dari Desa langgar. Dan terkabulah permintaan itu. Dan dukuh nangkod dinyatakan RESMI DESA NANGKOD dengan kepala desa pertama kisinga bangsa yang memerintah tahun 1896 sampai tahun 1926.

Sekian untuk artikel " Profil dan Asal - Usul Desa Nangkod, Purbalingga " Terimakasih telah kunjungannya, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan. Jangan lupa untuk like dan share ya :)

Hanya Manusia Biasa yang ingin berbagi ilmu. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

Post a Comment