ASAL USUL DESA PENGADEGAN, Pengadegan, Purbalingga

Pengadegan berasal dari kata madeg atau ngadeg yang berarti berdiri. Konon ada salah satu dari Wali Songo yaitu Syech Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik yang sedang menyebarkan agama islam bertemu dengan seorang pengembara yang bernama Datuk Rambat.
SMP Negeri 1 Pengadegan

Pengadegan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan ini berjarak sekitar 14 Km dari ibu kota Kabupaten Purbalingga. Pusat pemerintahannya terletak di Desa Pangadegan.

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:
Utara Kecamatan Karangmoncol dan Kecamatan Rembang
Timur Kabupaten Banjarnegara
Selatan Kecamatan Kejobong
Barat Kecamatan Kaligondang

ASAL USUL DESA PENGADEGAN

Pengadegan berasal dari kata madeg atau ngadeg yang berarti berdiri. Konon ada salah satu dari Wali Songo yaitu Syech Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik yang sedang menyebarkan agama islam bertemu dengan seorang pengembara yang bernama Datuk Rambat. Kemudian Datuk Rambat menjadi murid dan memeluk agama islam lalu Syech Maulana Malik Ibrahim mengganti nama Datuk Rambat menjadi Adeg Widuri.

Selanjutnya Syech Maulana Malik Ibrahim melanjutkan penyebaran agama islamnya dan Adeg Widuri tetap tinggal dan menyebarkan agama islam di tempat tersebut. Sebagai penghargaan dan untuk mengenang keberhasilan beliau meyebarkan agama islam, maka daerah tersebut diberi nama Pengadegan.
Hanya Manusia Biasa yang ingin berbagi ilmu. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

Post a Comment