ASAL USUL DESA KEDUNGLEGOK, Kemangkon, Purbalingga

sd n 2 kedunglegok

Kedunglegok termasuk daerah paling selatan dari kabupaten Purbalingga yang berbatasan dengan kabupaten Banjarnegara. Umumnya mata pencaharian penduduknya adalah petani. Letak geografis Kedunglegok sebelah timur berbatasan dengan desa Kemangkon, sebelah barat berbatasan dengan desa Majatengah, sebelah utara berbatasan dengan sungai Serayu yang sekaligus sebagai batas alam dengan kabupaten Banjarnegara, tepatnya desa Susukan. 

Kedunglegok termasuk termasuk desa yang kaya akan potensi SDM dan SDA. Sebagai sarana dan prasarana penunjang kualitas SDM, di Kedunglegok terdapatdua buah sekolah dasar yaitu SD Negeri 1 Kedunglegok dan SD Negeri 2 Kedunglegok yang notabene merupakan SD INPRES pada masa orde baru serta terdapat Madrasah Ibtidaiyah Radhatul Atfal. 

Sedangkan untuk SDA yang dipunyai oleh desa Kedunglegok sangat beragam, antara lain areal persawahan, areal peternakan, areal sawah, areal perkebunan. Kedunglegok juga mempunyai hasil bumi yang sangat beragam, diantaranya padi, jagung, palawija, tanaman obat, rempah-rempah, nira kelapa, dan nira aren yang semua itu merupakan penopang sistem pangan dan perekonomian masyarakat padaumumnya di desa Kedunglegok.

Sejarah awal dari berdirinya desa Kedunglegok yaitu, awal mulanya di desa ini terdapat banyak sungai dan sawah. Sungai-sungai tersebut merupakan sungai yang tersebar di sekitar desa. Sungai ini pada umumnya digunakan sebagai sumber mata pencaharian dan berbagai sendi kehidupan. 

Dahulu kala, sungai yang ada di desa Kedunglegok memiliki Kedung. Kedung sendiri, dalam istilah penyebutan orang Purbalingga yaitu, sesuatu yang berkaitan dengan kedalaman sungai (bagian pada sungai yang berupa pusaran dengan kedalaman sampai puluhan meter bahkan lebih). Menurut dari hasil wawancara Kedung yang paling terkenal di desa Kedunglegok ini adalah Kedung uling. Berdasarkan wawancara, jika terdapat orang yang hanyut maka akhir dari jasadnya akan terbawa menuju Kedung dan tidak akan pernah ditemukan lagi jasadnya.

Sedangkan sawah yang terdapat didesa Kedunglegok juga banyak dengan potensi SDM juga melimpah. Di desa Kedunglegok ini sawah-sawahnya banyak yang memiliki kedalaman yang cukup dalam. Menurut cerita dari masyarakat kedunglegok bahwa, didesa ini terdapat sawah yang sangat dalam, sawah tersebut di beri nama Legok. 

Berdasarkan hasil wawancara dengan masyarakat desa Kedunglegok, bahwa sawah ini memiliki kedalaman yang cukup dalam, dan pada saat musim kemarau airnya tidak pernah surut. Sawah tersebut hingga kini masih ada.

Secara keseluruhan, kenapa desa ini diberi nama desa Kedunglegok, karena berdasarkan dari kata Kedung dan Legok, yang pada akhirnya oleh masyarakat setempat diberi nama Desa Kedunglegok. Dari daerah-daerah yang menonjol itulah akhirnya nama suatu desa terbentuk.
Hanya Manusia Biasa yang ingin berbagi ilmu. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

Post a Comment