[LENGKAP] Kerajaan Samudra Pasai : Letak, Raja, Kehidupan, Raja, Kejayaan, Kemunduran, dan Peninggalan

Kerajaan Samudera Pasai terletak di Aceh, dan merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kerajaan ini didirikan oleh Meurah Silu atau Nizamuddin Al Kamil, seorang pimpinan angkatan laut dari Mesir pada tahun 1267 M. Bukti-bukti arkeologis keberadaan kerajaan ini adalah ditemukannya makam raja-raja Pasai di kampung Geudong, Aceh Utara.
[LENGKAP] Kerajaan Samudra Pasai : Letak, Raja, Kehidupan, Raja, Kejayaan, Kemunduran, dan Peninggalan

Kerajaan Samudera Pasai terletak di Aceh, dan merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kerajaan ini didirikan oleh Meurah Silu atau Nizamuddin Al Kamil, seorang pimpinan angkatan laut dari Mesir pada tahun 1267 M. Bukti-bukti arkeologis keberadaan kerajaan ini adalah ditemukannya makam raja-raja Pasai di kampung Geudong, Aceh Utara. 

Makam ini terletak di dekat reruntuhan bangunan pusat kerajaan Samudera di desa Beuringin, kecamatan Samudera, sekitar 17 km sebelah timur Lhokseumawe. Di antara makam raja-raja tersebut, terdapat nama Sultan Malik al-Saleh, Raja Pasai pertama. 

Letak Kerajaan Samudra Pasai

Malik al-Saleh adalah nama baru Meurah Silu setelah ia masuk Islam, dan merupakan sultan Islam pertama di Indonesia. Berkuasa lebih kurang 29 tahun (1297-1326 M). Kerajaan Samudera Pasai merupakan gabungan dari Kerajaan Pase dan Peurlak, dengan raja pertama Malik al-Saleh.

Seorang pengembara Muslim dari Maghribi, Ibnu Bathutah sempat mengunjungi Pasai tahun 1346 M. ia juga menceritakan bahwa, ketika ia di Cina, ia melihat adanya kapal Sultan Pasai di negeri Cina. Memang, sumber-sumber Cina ada menyebutkan bahwa utusan Pasai secara rutin datang ke Cina untuk menyerahkan upeti. 

Informasi lain juga menyebutkan bahwa, Sultan Pasai mengirimkan utusan ke Quilon, India Barat pada tahun 1282 M. Ini membuktikan bahwa Pasai memiliki relasi yang cukup luas dengan kerajaan luar

Pada masa jayanya, Samudera Pasai merupakan pusat perniagaan penting di kawasan itu, dikunjungi oleh para saudagar dari berbagai negeri, seperti Cina, India, Siam, Arab dan Persia. Komoditas utama adalah lada. 

Sebagai bandar perdagangan yang besar, Samudera Pasai mengeluarkan mata uang emas yang disebut dirham. Uang ini digunakan secara resmi di kerajaan tersebut. Di samping sebagai pusat perdagangan, Samudera Pasai juga merupakan pusat perkembangan agama Islam.

Raja Yang Pernah Memerintah

  • Sultan Malikul Saleh (1267-1297 M)
  • Sultan Muhammad Malikul Zahir (1297-1326 M)
  • Sultan Mahmud Malik Az-Zahir (1326 ± 1345
  • Sultan Malik Az-Zahir (?- 1346)
  • Sultan Ahmad Malik Az-Zahir yang memerintah (ca. 1346-1383)
  • Sultan Zain Al-Abidin Malik Az-Zahir yang memerintah (1383-1405)
  • Sultanah Nahrasiyah, yang memerintah (1405-1412)
  • Sultan Sallah Ad-Din yang memerintah (ca.1402-?)
  • Sultan yang kesembilan yaitu Abu Zaid Malik Az-Zahir (?-1455)
  • Sultan Mahmud Malik Az-Zahir, memerintah (ca.1455-ca. 1477)
  • Sultan Zain Al-‘Abidin, memerintah (ca.1477-ca.1500)
  • Sultan Abdullah Malik Az-Zahir, yang memerintah (ca.1501-1513)
  • Sultan Zain Al’Abidin, yang memerintah tahun 1513-1524

Kehidupan Kerajaan Samudra Pasai

1. Bidang Perekonomian Dan Perdagangan

Dalam bidang perekonomian dan perdagangan, kemajuan kerajaan ini dibuktikan dari diterapkannya mata uang emas (Dirham) yang diciptakan sendiri sebagai alat pembayaran yang sah.

Selain itu, Samudra Pasai juga menjadi pusat perdagangan internasional di masa kekuasaan Sultan Malikul Dhahir dengan lada sebagai ekspor utamanya.

Penghasilan yang didapatkan begitu melimpah dengan hubungan dagang yang baik antara pedagang lokal dan pedagang asing.

2. Bidang Sosial Dan Budaya

Kehidupan sehari-hari masyarakat Samudra Pasai diatur sesuai dengan syariat dan hukum-hukum Islam. Banyak persamaan kehidupan antara masyarakat Pasai dengan masyarakat Arab, sehingga daerah Aceh tersebut dijuluki sebagai Kota Serambi Mekkah.

Dalam bidang budaya, masyarakat Pasai memanfaatkan huruf Arab untuk menulis Bahasa Melayu, sehingga dapat dipadukan menjadi huruf Arab Jawi.

3. Bidang Agama

Sultan Samudra Pasai sangat taat dalam menjalankan syariat Islam, bermazhab Syafi’i dan sangat dekat dengan ahli-ahli teologi Islam dari berbagai bidang.

Karena Rajanya mengamalkan ajaran Islam dengan baik, maka rakyat-rakyatnya yang non-muslim banyak yang berbondong-bondong masuk Islam karena kesetiaannya kepada sang raja. Dalam masanya, kajian Islam berkembang pesat dan banyak diikuti oleh masyarakat-masyarakat setempat.

4. Bidang Politik

Kerajaan Samudra Pasai yang didirikan oleh Marah Silu bergelar Sultan Malik al- Saleh, sebagai raja pertama yang memerintah tahun 1285 – 1297. Pada masa pemerintahannya, datang seorang musafir dari Venetia (Italia) tahun 1292 yang bernama Marcopolo, melalui catatan perjalanan Marcopololah maka dapat diketahui bahwa raja Samudra Pasai bergelar Sultan. 

Setelah Sultan Malik al-Saleh wafat, maka pemerintahannya digantikan oleh keturunannya yaitu Sultan Muhammad yang bergelar Sultan Malik al-Tahir I (1297 – 1326). 

Pengganti dari Sultan Muhammad adalah Sultan Ahmad yang juga bergelar Sultan Malik al-Tahir II (1326 – 1348). Pada masa ini pemerintahan Samudra Pasai berkembang pesat dan terus menjalin hubungan dengan kerajaan-kerajaan Islam di India maupun Arab. 

Bahkan melalui catatan kunjungan Ibnu Batutah seorang utusan dari Sultan Delhi tahun 1345 dapat diketahui Samudra Pasai merupakan pelabuhan yang penting dan istananya disusun dan diatur secara India dan patihnya bergelar Amir. 

Pada masa selanjutnya pemerintahan Samudra Pasai tidak banyak diketahui karena pemerintahan Sultan Zaenal Abidin yang juga bergelar Sultan Malik al-Tahir III kurang begitu jelas. Menurut sejarah Melayu, kerajaan Samudra Pasai diserang oleh kerajaan Siam. 

Dengan demikian karena tidak adanya data sejarah yang lengkap, maka runtuhnya Samudra Pasai tidak diketahui secara jelas. Dari penjelasan di atas, apakah Anda sudah paham? Kalau sudah paham simak uraian materi berikutnya.

Masa Kejayaan Samudra Pasai

Masa Kejayaan Samudra Pasai

Sultan Malik Al-Saleh (1267-1297)

Pada tahun 1267, Kerajaan Samudera Pasai dipimpin oleh Meurah Silu dengan gelar Sultan Malik Al-Saleh. Di masa pemerintahannya, Kerajaan Samudera Pasai berhasil menguasai Selat Malaka yang pada saat itu menjadi pusat perdagangan internasional dengan lada sebagai salah satu komoditas ekspor utamanya. Selain lada, Kerajaan Samudera Pasai juga mengekspor sutra dan kapur barus.

Sultan Muhammad Az-Zahir (1297-1326)

Setelah Sultan Malik Al-Saleh wafat pada tahun 1297, kepemimpinan Kerajaan Samudera Pasai dilanjutkan oleh anaknya, yaitu Sultan Muhammad Malik Az-Zahir. Sang raja baru ini untuk pertama kalinya memperkenalkan koin emas atau dirham sebagai mata uang.

Mata uang dirham secara resmi digunakan dalam perdagangan di Kerajaan Samudera Pasai pada tahun 1297. Mata uang ini berupa kepingan emas yang memiliki diameter 10 mm dan berat sekitar 0,6 gram. 

Sisi atas bertuliskan Muhammad Malik Al-Zahir dan sisi bawah bertuliskan Al-Sultan al-adil yang artinya sultan harus memberi keadilan terhadap masyarakat.

Sultan Mahmud Malik Az-Zahir (1326-1345)

Pada tahun 1326, tahta kerajaan diteruskan oleh Sultan Mahmud Malik Az-Zahir. Di masa pemerintahannya, Kerajaan Samudera Pasai terkenal sebagai kerajaan dagang yang maju. 

Di tempat ini, banyak dijumpai pedagang dari India dan Cina yang membeli rempah-rempah, terutama lada. Selain itu, di Kerajaan Samudera Pasai terdapat beberapa jenis barang dari Cina yang dapat dibeli pedagang tanpa harus berlayar ke Cina.

Masa Kemunduran Samudra Pasai

Masa kemunduran Samudra Pasai disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal kemunduran adalah adanya perselisihan di antara keluarga kerajaan.

Perebutan tahta pemerintahan banyak terjadi sehingga menyebabkan terjadinya perang saudara dan pemberontak di wilayah kerajaan.

Masa Kemunduran Samudra Pasai

Raja Pasai ketika itu tidak mampu berkutik dan bahkan meminta Raja Malaka untuk membantunya. Namun Raja Malaka juga sedang mengalami masa kritis dimana wilayahnya diserang oleh Portugal, hingga akhirnya wilayah Malaka jatuh ke tangan Portugal pada tahun 1511 M. Pada saat itu kekuatan Pasai semakin melemah.

Hingga akhirnya 10 tahun kemudian, yang tepatnya pada tahun 1521 M, Portugal menyerang wilayah Pasai dan pada akhirnya Kerajaan Samudra Pasai runtuh.

Namun sisa-sisa kerajaan masih tetap ada hingga tahun 1524 M dimana Kerajaan Samudra Pasai melebur menjadi bagian wilayah dari Kerajaan Aceh.

Rentetan sejarah yang dimiliki Kerajaan Samudra Pasai menghasilkan beberapa peninggalan sejarah yang berharga. 

Peninggalan-peninggalan inilah yang ditelusuri oleh para arkeolog sehingga dapat ditemukan kebenaran mengenai peristiwa yang terjadi di zaman dulu.

Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai

Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai

Kerajaan Samudra Pasai memiliki berbagai peninggalan sejarah yang sangat berharga. Peninggalan-peninggalan tersebut berupa benda-benda berharga dan makam para raja. Berikut bukti-bukti peninggalan yang diperoleh :

1. Koin Emas

Koin emas (atau disebut dengan Dirham) sebagai peninggalan sejarah merupakan alat pembayaran yang sah digunakan dalam wilayah Kerajaan Samudra Pasai. 

Pembuatan koin dirham ini memakai bahan dari campuran emas, perak, dan tembaga dan menghasilkan ciri khas unik koin emas dengan tulisan Arab.

2. Cakra Donya

Cakra Donya ialah sebuah lonceng besar yang terbuat dari besi dan berbentuk stupa yang dihadiahkan oleh kaisar China kepada Sultan Samudra Pasai.

Bagian-bagian lonceng tersebut diukir dengan ukiran bertuliskan huruf Arab dan China dengan desain yang indah. Sampai saat ini, Cakra Donya masih tetap utuh dan dapat anda lihat di wilayah Lhokseumawe.

3. Naskah Surat Sultan Zainal Abidin

Terdapat peninggalan naskah surat yang ditulis oleh Sultan Zainal Abidin yang selanjutnya dikirimkan kepada Kapten Moran sebelum dirinya meninggal. 

Naskah tersebut ditulis dengan menggunakan bahasa Arab. Isi naskah tersebut adalah tentang kondisi Samudra Pasai pada tahun 1511 M ketika Malaka jatuh ke tangan Portugis.

4. Makam Raja-raja Pasai

Makam Raja-raja Pasai merupakan peninggalan sejarah berharga yang sangat melekat mengenai eksistensi Samudra Pasai. Terdapat banyak makam para Raja Pasai yang memerintah dari waktu ke waktu. 

Salah satunya adalah makam Sultan Malik As-Saleh yang terletak di Desa Beuringin, Kecamatan Samudra dengan batu nisan yang ditulis dengan huruf Arab dan Makam Sultan Maulana Al Zhahir yang terletak di sebelahnya.

5. Makam Perdana Menteri

Samudra Pasai juga meninggalkan beberapa makam perdana menteri. Salah satu makam perdana menteri yang terkenal adalah makam Tengku Yacob.

Beliau wafat pada Muharram 630 H atau bertepatan dengan Agustus 1252 M. Batu nisannya ditulis dengan tulisan indah yang mencakup ayat Qursi, Surat Al-Imron :18, dan Surat At-Taubah 21-22.

Itulah seputar sejarah yang ditinggalkan oleh Kerajaan Samudra Pasai sebagai Kerajaan Islam pertama di Indonesia. Banyak penjelajah terkenal yang berkunjung ke wilayah Samudra Pasai sehingga banyak catatan sejarah yang berhasil ditorehkan.

Catatan sejarah tersebut menjadi suatu bahan yang dapat dipelajari bagi generasi-generasi masa depan yang ingin tahu bagaimana keadaan Kerajaan Pasai di masa lampau.

Catatan sejarah yang sangat melekat adalah mengenai masa kejayaan dan masa keruntuhan Samudra Pasai. Pada masa kejayaannya, Samudra Pasai kuat dalam berbagai bidang sehingga memiliki pengaruh besar dan disegani kerajaan-kerajaan lain.

Sementara pada masa kemundurannya, disebabkan oleh faktor perang saudara dan invasi Portugal ke wilayah Samudra Pasai.

Catatan sejarah lain yang penting adalah peninggalan sejarahnya. Terdapat beberapa peninggalan sejarah penting seperti barang berharga serta makam para raja dan menteri. 

Peninggalan sejarah merupakan bukti kuat untuk menunjukkan kehidupan Kerajaan Samudra Pasai di masa lampau.
Hanya Manusia Biasa yang ingin berbagi ilmu. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

1 comment

  1. Fortunately, Jackpot City’s welcome bonus is extraordinarily noticeable indeed. After all, quantity of} different casinos are you aware that offer as much as} $1,600 CAD right off the bat? These four deposit bonuses all have 아벤카지노 a 100 percent match as much as} $400 CAD and wagering necessities of 50x.