-->

[LENGKAP] SEJARAH DESA BLAMBANGAN, Banyuwangi

Sejarah Desa Blambangan bermula ketika Desa Kebaman, Kecamatan Srono melakukan pemecahan dan Desa Blambangan inilah hasil pemecahan dari Desa Kebaman, Kecamatan Srono sebelum tahun 1932. 

Pada saat itu Desa Blambangan dipimpin Kepala Desa pertama bernama Bpk. Ndirin. Pusat Pemerintahannya terletak di Jalan Raya Hayam Wuruk No. 28 Dusun Krajan RT. 05 RW. 02 Desa Blambangan.

Nama Blambangan itu sendiri diambil dari sejarah keberadaan Menak Jinggo di tanah ini pada masa itu. Konon, tokoh tersebut merupakan Raja Blambangan yang dimanifestasikan oleh banyak masyarakat Banyuwangi sebagai seorang pemimpin atau pahlawan Blambangan yang mempunyai jiwa corsa dengan tubuh gagah perkasa dengan bersenjatakan gada emas di tangan kanannya.

Berdasarkan keterangan dari para sesepuh pendahulu Desa Blambangan, ternyata di wilayah ini banyak terdapat peninggalan-peninggalan sejarah antara lain yang sekarang di sebut dengan Jalan Lungur.

Dahulu Jalan Lungur merupakan benteng sepanjang Jalan Lungur dengan tinggi 2 meter, yang tertata rapi berbahan batu padas. Kemudian yang kedua Balai Kambang, yang merupakan gumuk dikelilingi rawa, sedangkan kalau ingin ke Balai Kambang harus naik perahu getek. 

Dahulu kala tempat ini merupakan tempat peristirahatan Prabu Menak Jinggo di wilayah Banyuwangi, lalu beberapa gumuk lagi merupakan tempat untuk penyimpanan barang - barang purbakala.

Terima kasih atas kunjungannya
Kunjungi Toko BALINGGA SHOP Untuk Order Produk UKM dan UMKM Jateng.