ASAL USUL DESA SOKANEGARA, Kejobong, Purbalingga

Desa Sokanegara Berasal dari kata soka yang berarti bunga dan negara yang berarti bangsa.Menurut sejarah yang kami dengar bahwa di suatu tempat kumpul ada empat seniman lengger yaitu pemain gendang yang juga menjadi badut bernama Suta Babut, pemai angklung bernama Angklungjiwa, penabuh gong bumbung bernama Mamangndana dan penari lengger bernama Nyai Pasini.
sd n 1 sokanegara

Profil Desa Sokanegara

Sokanegara adalah desa di kecamatan Kejobong, Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia. di dalam desa tersebut terdapat empat sekolah dasar yaitu MI Yappi Sokanegara, MI Guppi Sokanegara, SD Inpres Sokanegara, dan SD 1 Sokanegara. dan terdapat sebuah pondok pesantren bernama pondok pesantern Syarief Hidatullah.

Di dalam desa tersebut terbagi menjadi 5 dukuh yaitu dukuh wetan, ndesa, rawa, kontrangan, dan dukuh kulon. mata pencaharian penduduknya yaitu petani dan peternak (kambing dan ikan lele).

Desa Sokanegara ini masih dikatagorikan sebagai desa yang masih berkembang. faktor kendala pada umumnya adalah sarana medan transportasi yang sulit. akan tetapi para perangkat desa tersebut terus berupaya untuk menangani masalah ini. 

Sehingga diharapkan desa sokanegara ini mampu mengimbangi desa-desa yang lebih maju. Desa ini di apit desa lamuk untuk sebelah barat, desa gumiwang sebelah utara, desa krenceng sebelah timur dan sungai kacangan beserta desa penaruban di sebelah selatan. 

Jalur tranportasi desa ini biasanya dibagi menjadi dua bagian yaitu lewat jalur jembatan "talang", jalur ini khusus buat sepeda motor, sepeda, dan becak. sedangkan jalur satunya jalur lingkar karena jalur ini harus muter ke arah kejobong.

Jalur ini biasanya untuk kendaraa roda empat atau lebih. karena kalau lewat jalur jembatan talang tersebut konstruksinya tidak muat untuk kendaraan roda empat sebab lebarnya hanya berukuran +- 130-150 cm dengan panjang -+30 meter.

Jembatan talang ini merupakan jembatan yang sangat vital karena jembatan ini menghubungkan lebih dari tiga desa menuju kecamatan bukateja. desa sokanegara ini mempunyai banyak hasil kekayaan alam khususnya dari pertanian, perikanan, dan peternakan.

Desa Sokanegara termasuk wilayah Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah, Secara administratif wilayah Desa Sokanegara terbagi dalam 4 Dusun, 5 Rukun Warga (RW) dan 15 Rukun Tetangga (RT) dengan batas batas wilayah :
Sebelah Barat      : Desa Lamuk Kecamatan Kejobong
Sebelah Utara     : Desa Gumiwang Kecamatan Kejobong
Sebelah Timur     : Desa Krenceng Kecamatan Kejobong
Sebelah Selatan  : Sungai Pekacangan Kecamatan Bukateja

Jumlah Penduduk : 3,225 jiwa, 
Laki-laki : 1,645 jiwa dan Perempuan : 1,580 jiwa, Luas wilayah : 252,600 Ha, terdiri Tanah kering : 188,600 Ha Tanah sawah : 64 Ha.
Lembaga Kemasyarakatan ; PKK, Karang Taruna, Kelompok Tani, LPPMD, Mardilayon; Prasarana Pendidikan ; PAUD : TK 4 unit, TPA 4 unit, SD 4 unit;  Prasarana Peribadatan : Masjid 7 buah, Mushola 23 buah, Prasarana Olah Raga : Lapangan Sepak Bola 1 buah; Lapangan Bola Voli 4 buah, Bulu Tangkis 3 buah, Tenis Meja : 2 buah Prasarana Kesehatan: Balai Pengobatan 1 unit, Posyandu 9 unit.

Asal Usul Desa Sokanegara

Desa Sokanegara Berasal dari kata soka yang berarti bunga dan negara yang berarti bangsa. Menurut sejarah yang kami dengar bahwa di suatu tempat kumpul ada empat seniman lengger yaitu pemain gendang yang juga menjadi badut bernama Suta Babut, pemai angklung bernama Angklungjiwa, penabuh gong bumbung bernama Mamangndana dan penari lengger bernama Nyai Pasini.

Mereka pentas di suatu tempat yang tinggi dan membuat orang berdatangan. Setelah mereka berkumpul lalu mengadakan musyawarah yang dipimpin Suta Babut. Hasil musyawarah itu, mereka membuat jadwal pertemuan dan membuat nama wilayah desa dan grumbul.

Disepakati nama desa adalah Sokanegara yang terdiri atas tiga grumbul yaitu Grumbul Dukuh Wetan yang diberikan kepada Suta Babut, Grumbul Dukuh Kulon diberikan kepada Mamangndana dan Grumbul Dukuh Kontrangan diberikan kepada Angklung Jiwa. Mereka juga sepakat jika Suta Babut diangkat menjadi kepala desa pertama di Desa Sokanegara. 

Hanya Manusia Biasa yang ingin berbagi ilmu. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

Post a Comment