[LENGKAP] Sejarah Kawah Sikidang Dieng Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng terbentuk akibat letusan Gunung Prahu Tua yang terjadi berabad-abad yang lalu. Meski sudah terjadi berabad-abad yang lalu, aktivi
Sejarah Kawah Sikidang Dieng Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng terbentuk akibat letusan Gunung Prahu Tua yang terjadi berabad-abad yang lalu. Meski sudah terjadi berabad-abad yang lalu, aktivitas vulkanis di kawasan ini masih tetap terjadi. Salah satu buktinya adalah Kawah Sikidang.

Terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Kawah Sikidang memiliki keunikan dibandingkan kawah-kawah lain – baik yang ada di Dataran Tinggi Dieng maupun di tempat lain. Kawah utama di kawasan ini berpindah-pindah.

Ketika memasuki kawasan kawah, akan terlihat beberapa lubang besar yang mengeluarkan asap tidak terlalu tebal. Menurut pihak pengelola, lubang-lubang besar tersebut merupakan kawah utama di masa lalu. Sementara, kawah utama saat ini berada agak jauh dari pintu masuk. 

Dari pintu masuk, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1 kilometer untuk sampai di kawah utama. Jalan menuju kawah utama pun agak menanjak. Selain itu, di sekitar kawasan ini, masih terdapat beberapa kawah kecil yang diperkirakan suatu saat akan menjadi kawah utama – menggantikan kawah utama saat ini.

Karena letak kawah utama yang berpindah-pindah inilah kawasan ini diberi nama “sikidang”, yang berasal dari “kidang” (kijang). Kawah utama yang berpindah-pindah disamakan dengan sifat kijang yang senang melompat ke sana-ke mari.

Menurut cerita rakyat yang ada saat ini, sekitar ratusan tahun yang lalu tepatnya di daerah dataran tinggi Dieng terdapat seorang putri cantik nan jelita yang menempati kawasan ini. Nama putri tersebut dikenal dengan sebutan Putri Sinta Dewi. 

Sang putri ini memang memiliki paras yang cantik dan jelita sehingga membuat siapa pun yang melihatnya pasti akan terpesona. Pada jaman dahulu sang putri ini sudah banyak sekali di Lamar oleh pangeran dari kerajaan lain yang jatuh hati padanya. 

Namun, semua pangeran yang melamarnya tersebut gagal untuk mendapatkan hati sang putri tersebut. Hal ini di karenakan sang putri ini mengajukan beberapa syarat yang sangat berat kepada orang yang ingin melamarnya. 

Namun, dari sekian banyak pangeran yang ingin metamarnya tersebut. Ada salah satu pangeran yang memiliki harta kekayaan yang sangat berlimpah dan merasa bisa dan mampu untuk menaklukkan persyaratan yang di ajukan oteh Putri Shinta Dewi. 

Pangeran tersebut bernama pangeran Kidang Garungan (tokoh utama Kawah Sikidang Dieng). Kemudian pangeran tersebut mengutus beberapa pengawalnya untuk memberikan berita lamaran dirinya terhadap sang putri. 

Singkat cerita, setelah mendengar yang disampaikan oleh para pengawal tersebut, akhirnya sang putri pun menerima lamaran dari pangeran Kidang Garungan. Dan alhasil pangeran pun sangat bahagia dan segera meminta seluruh abdi dalamnya untuk mempersiapkan pernikahannya. 

Sang putri pada awalnya mengira bahwa pangeran Kidang Garungan ini memiliki paras yang tampan dan rupawan. Namun, setelah mereka berdua bertemu dan bertatap muka, sang putri pun kecewa ternyata pangeran Kidang Garungan tersebut berwujud manusia dengan kepala menyerupai Kidang atau Kijang. 

Sehingga singkat cerita pun sang putri berusaha untuk membatalkan pernikahan mereka dengan memberikan satu persyaratan terakhir yang amat sangat berat untuk pangeran Kidang, dengan harapan Pangeran Kidang tidak mampu menurutinya dan membatalkan pernikahan mereka. Adapun persyaratan yang diberikan tersebut yakni dengan meminta sebuah sumur yang besar dan harus di kerjakan hanya dalam waktu sehari saja. 

Singkat cerita, pangeran pun bersedia dengan persyaratan tersebut dan di tengah pengerjaan dan hampir setesai. Setelah merasa rencananya hampir gagal, sang putri pun memerintahkan para pengikutnya untuk menimbun pangeran Kidang dengan pasir. 

Alhasil, pangeran pun gugur di dalam sumur yang dibuatnya. Dan sebelum tewas, pangeran yang membuat sumur tersebut marah besar dan berkata sambil mengutuk seluruh keturunan putri Shinta Dewi agar kelak memiliki rambut gembel/gimbal. 

Nah, itulah cerita sejarah dari Kawah Sikidang Dieng yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk para pecinta wisata saat mengunjungi kawah tersebut.
Hanya Manusia Biasa yang ingin berbagi ilmu. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

Post a Comment