ASAL USUL DESA MUNTANG, Kemangkon, Purbalingga

Desa-Muntang-Kecamatan-Kemangkon

Muntang adalah desa di kecamatan Kemangkon, Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia.Berjarak 7 km arah selatan kota Purbalingga. 

Disini pernah ada rawan terjadi Krisis ekonomi melanda Asia sekitar tahun 1997. Berbatasan langsung dengan desa Gambarsari di bagian utara, desa Karang Tengah di bagian barat dan Sungai Klawing di bagian selatan dan timur.

Pada tahun 50-an dipimpin oleh lurah (sekarang kades) Reksadikrama, diganti sebentar oleh lurah Darmojo lalu dipegang oleh PJS Lurah Joyosumarto sampai tahun 1980. Tahun 1980 dilakukan pilkades yg diikuti oleh Dwi Antari, Marban, Marsin, Muhyono dan dimenangkan oleh Dwi Antari. 

Dwi Antari menjadi kades dengan didampingi suara terbanyak ke 2 pilades yaitu Marban sebagai Carik/sekarang Sekdes. 

Tahun 1989 dilakukan lagi pilkades dengan calon Dwi Antari (petahana) Warjo, Kirno, Muhyono(spesialis calon),kembali Dwi Antari terpilih dan menjadi Kades untuk kedua kalinya. 

Tahun 1997 pilkades dimenangkan oleh Rohman, namun kemudiian Di-impeachmen oleh rakyat sehingga dilakukan pilkades lagi yang dimenangkan oleh Mujahid. Pada bulan November 2013 dilakukan pilkades lagi dan dimenangkan oleh Paryono.
Fasilitas Desa Muntang
  • Kantor/Balai Desa
  • Puskesmas
  • 2 SD (1 Madrasah)
  • Masjid
  • Musholla/Langgar
  • Gereja Protestan
  • Lapangan Olahraga


ASAL USUL DESA MUNTANG

Berasal dari kata nemu atau menemukan dan bathang atau bangkai/mayat. Muntang merupakan akronim dari nemu bathang. Bangkai yang di maksud adalah mayat manusia. Konon pada zaman dahulu terjadilah banjir bandang di hulu sungai Banyumas dan menelan korban baik material maupun korban jiwa. 

Mayat-mayat yang hanyut terhenti di wilayah desa tersebut. Sampai sekarang pun apabila ada orang hanyut di Sungai Klawing maka di mungkinkan akan terhenti di wilayah Desa Muntang.
Hanya Manusia Biasa yang ingin berbagi ilmu. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

Post a Comment